Sabtu, 10 Desember 2011

6 Gunung Meja Tertinggi di Dunia!

Jauh di dalam hutan Venezuela pulau terisolasi pegunungan meja paling tinggi, biasa disebut tepuis. Pegunungan meja dianggap beberapa formasi geologi tertua di Bumi, terbentuk ke sekitar dua miliar tahun yang lalu. Karena mereka benar-benar terisolasi dari tanah, ini "pulau di atas hutan hujan" memiliki sejumlah tanaman unik dan hewan yang tidak ditemukan di tempat lain di dunia. pegunungan meja juga ada di bagian lain dunia di mana mereka dipanggil mesa, tuya, Butte, amba atau hanya gunung meja.

1. Table Mountain
 
 

Menghadap kota Cape Town, Tabel Mountain adalah yang paling terkenal dari meja pegunungan terbaik di dunia. Ini fitur utama adalah tingkat dataran tinggi sekitar 3 kilometer (2 mil) dari sisi ke sisi, dikelilingi oleh tebing curam. Titik tertinggi di Table Mountain adalah 1.086 meter (3.563 kaki) di atas permukaan laut. Ada cableway yang mengantar penumpang ke puncak gunung dengan pemandangan menghadap Cape Town dan Table Bay di utara, dan daerah pesisir Atlantik di barat dan selatan.António de Saldanha adalah orang Eropa pertama yang mendarat di Tabel Bay. Ia menaiki gunung perkasa di 1503 dan menamakannya "Gunung Table '.
2. Mount Roraima

 
 
Gunung Roraima adalah tertinggi (2.772 m/9094ft) dan paling terkenal di tepui Venezuela. Karena gunung benar-benar terisolasi dari hutan tanah hampir sepertiga dari spesies tanaman hidup di Roraima berevolusi dan unik untuk dataran tinggi. Gunung Roraima mulai terkenal pada tahun 1912 ketika Sir Arthur Conan Doylemenulis novel fiksi yang berjudul The Lost World. Ini menggambarkan pendakian gunung Roraima-seperti oleh sebuah ekspedisi untuk mencari tanaman prasejarah dandinosaurus yang diyakini hidup terisolasi dan tidak berubah selama jutaan tahun dipuncak gunung.
3. Auyantepui

 
 
Auyantepui yang mana mempunyai arti “gunung Setan” dalam bahasa asli orang Pemon.adalah tepui paling banyak dikunjungi di Venezuela. air terjun tertinggi di dunia, Angel Falls, turun dari celah dekat puncak Auyantepui. pemberian nama tersebut setelah setelah jatuhnya pilot Jimmie Angel yang secara tidak sengaja menemukan jatuh pada tahun 1933. Selama perjalanan kembali pada tahun 1937, Angel pesawat kecilnya jatuh di atas Auyantepui. Ini membawanya dan krunya 11 hari untuk turun gunung.
4. Canyonland

 
 
CanyCanyonlands di Utah timur taman nasional dengan pemandangan yang warna-warni terkikis menjadi tak terhitung jumlahnya, mesa ngarai dan Buttes oleh Colorado dan Green River.Sungai-sungai membagi taman di beberapa kabupaten. Satu kabupaten, The Island in the Sky, fitur mesa luas dan tingkat dengan pemandangan yang menakjubkan di atas negara sekitarnya.
5. Debre Damo

 
 
Debré Damo di Ethiopia utara adalah nama sebuah gunung datar dan sebuah biaraabad ke-6 yang terletak di atas. Biara, hanya dapat diakses oleh tali sebuah tebingterjal, dikenal dengan koleksi manuskrip, dan memiliki gedung gereja yang paling awal yang ada di Ethiopia masih dalam gaya aslinya. Tradisi mengklaim biara didirikan pada abad keenam oleh seorang pendeta Suriah.
 6. Heroubreio

 

Terletak di Dataran Tinggi Islandia, Herðubreið adalah gunung api, datar curam-sisiyang terbentuk setelah lava meletus melalui gletser tebal. Semacam puncak gunung datar disebut sebuah tuya. Karena sisi gunung yang curam dan tidak stabil, yang pendakian pertama tahun 1908 meskipun berabad-abad diketahui keberadaannya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar